File Hosting By

File Hosting

Jumat, 31 Desember 2010

Membuat Client Twitter Dengan Rabr

Sebelumnya, agan-agan pasti masih banyak yang bingung. Apa sih twitter client itu? Agan-agan pasti sering melihat orang yang update status twitter dengan "via Uber Twitter, via Snaptu.com, via iTweet.net, via Twitscoop". nah itu adalah sebagian kecil dari banyak twitter client baik dari versi PC ataupun mobile. Nah, kali ini kita akan membuat twitter client sendiri dengan nama kita dan tampilan kita. Teman-teman agan pasti pada bingung, ketika melihat agan update status twitter via (Nama Agan Sendiri). Nah, kali ini ane akan kasitahu cara membuat twitter client tersebut. Sebagai contoh disini, ane akan membuat sebuah twitter client buat sekolah ane (SMAN 90 Jakarta)

Apa yang kita butuhkan? Akun twitter, Script Rabr, Domain (bisa domain gratisan kayak .co.cc), Hosting (ane sarankan jangan pake hosting gratisan gan, di FJB banyak gan penyedia hosting murah seperti Disini (ane hostingnya beli dari lapak itu).

STEP BY STEP
Download terlebih dahulu script rabr disini.

Setelah download selesai, upload script tersebut ke hosting agan. Jika kita merelakan sebuah domain untuk dijadikan twitter client saja, upload ke direktori public_html. Tapi jika kita membuat twitter client tersebut di domain yang sudah terpakai (misalnya untuk blog, website, atau yang lain) upload di direktori baru dalam direktori public_html, misalnya public_html/rabr maka twitter client tersebut akan beralamatkan di http://domainanda.com/rabr, sebagai contoh, untuk domain ane alamatnya menjadi http://ulilblog.co.cc/neunzig.

Untuk upload file ke FTP Hostingan, agan bisa menggunakan software FileZilla, atau TurboFTP.

Setelah diupload, Selanjutnya kita akan mengedit file konfigurasi dari rabr yang dapat ditemukan pada direktori public_html/rabr/lib/config.php. Isinya adalah sebagai berikut :

http://twitter.com’);
define(‘API_TWITTER’, ‘http://api.twitter.com’);
define(‘TWITESE_API_URL’, ‘http://rabrapi0.appspot.com’);
define(‘SITE_OWNER’, ‘YOUR_NAME’);
// OAuth Config
define(“CONSUMER_KEY”, “YOUR_KEY“);
define(“CONSUMER_SECRET”, “YOUR_SECRET“);
define(“OAUTH_CALLBACK”, “http://www.YOUR_DOMAIN.com/YOUR_DIR/oauth.php“);
?>
Yang berwarna merah adalah yang harus kita ganti. CONSUMER_KEY & CONSUMER_SECRET dapat kita peroleh setelah kita mendaftarkan sebuah aplikasi pada twitter yang akan kita bahas di bagian selanjutnya, sedangkan OAUTH_CALLBACK kita ganti menurut contoh yang telah disediakan, misalnya untuk domain ane menjadi http://ulilblog.co.cc/neunzig/oauth.php.

Sekarang saatnya memperoleh CONSUMER_KEY & CONSUMER_SECRET. Login ke twitter dengan account agan, dan buat aplikasi twitter melalui http://twitter.com/apps.
























Setelah masuk ke halaman aplikasi twitter, maka akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang pernah agan buat sebelumnya, untuk membuat aplikasi baru, pilih Register a new application »

* Application Icon merupakan gambar yang akan dipakai sebagai logo aplikasi
* Application Name merupakan nama dari aplikasi yang akan dibuat, yang nantinya akan ditampilkan dibawah tweet yang kita buat melalui aplikasi tersebut (via/from …………….), misalnya BläckBërry® (nah kalau ane nama aplikasinya Neunzig 90)
* Description merupakan deskripsi singkat dari aplikasi yang akan dibuat
* Application website adalah url dimana kita mengupload rabr, misalnya http://ulilblog.co.cc/neunzig
* Organization dapat diisi dengan nama organisasi ataupun nama kita sendiri, misalnya Ulil Computer
* Website merupakan url dari organisasi, misalnya http://ulilblog.co.cc
* Application Type kita pilih Browser
* Callback URL kita isi dengan http://domainkamu.com/direktori/login.php, misalnya http://ulilblog.co.cc/neunzig/login.php
* Default Access type kita pilih Read & Write
* Use Twitter for login kita centang Yes, use Twitter for login

Lalu klik save, sehingga ditampilkan Consumer Key & Consumer Secret

Copy & Pastekan Kedua kode tersebut ke file konfigurasi yang tadi (public_html/rabr/lib/config.php) lalu kita save. Sekarang rabr siap untuk kita test dengan mengunjungi urlnya. Untuk live demonya bisa dilihat twitter client ane yang sudah banyak diedit, untuk langsung menggunakan twitter client, klik OAuth di halaman login.php. :













Agar lebih bagus, jangan lupa untuk mengedit tampilannya, misalkan form loginnya, logonya, dan yang terpenting footernya. Dan ini tidak wajib, tapi bagi agan yang jago PHP ya silahkan..


=====================================================================================
Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan komputer anda akibat dari file yang kami share. Tapi kami menerima pertanyaan dan konsultasi.Pastikan! Sebelum men-download file, antivirus anda aktif!
======================================================================================
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Membuat Client Twitter Dengan Rabr"

:nangis :capede :nyimak :bingung :sundul :repost :request :santai :matabelo :thumbup :ngakak :maho
Posting Komentar

 
 
Beranda Software is being maintenance, if you want still visiting, please click the link below!
go to my homepage
Go To Homepage!